BOLEHKAH AQIQAH SEKALIGUS BERQURBAN ?

BOLEHKAH AQIQAH SEKALIGUS BERQURBAN ?




Assalamualaikum Apa boleh melakukan aqiqah pada hari raya idul adha? Bukankah, untuk aqiqah di sunah kan untuk membagi nya dalam keadaan sudah matang ? kalau boleh melakukan aqiqah pada hari idul adha, apakah boleh juga membagikannya bersama-sama dengan kurban ? Mohon pencerahannya.

JAWABAN :
Walaikumssalam,Menurut Imam Romli satu kambing boleh dan cukup bila diniati untuk aqiqah sekaligus kurban meskipun menurut Imam Ibnu Hajar tidak menganggapnya cukup.
مسئلة) لو نوي العقيقة والضحية لم تحصل غير واحد عند حج ويحصل الكل عند مر اهـ

 (Masalah) Apabila seseorang meniati aqiqah dan qurban, maka tidak memperoleh kecuali satu (niat) menurut Imam Ibnu Hajar dan bisa memperoleh keseluruhannya menurut Imam Muhammad Ramli. (Itsmid al-‘Ain Hal 77).

 Ibarot senada bisa dilihat di : Bughyah alMustarsyidin 154, al-Baajuri II/304 dan al-Qalyubi IV/255

 Untuk pembagian daging kurban pada dasarnya harus (wajib) dibagikan berupa daging mentah, karena maksud nya adalah tamlik (memberi milik). Jika kurban itu nadzar, maka wajib semuanya dibagikan pada fakir miskin dan berupa daging mentah. Jika kurbannya hanya sunah (bukan nadzar), maka harus ada sebagian yang dikasihkan fakir miskin dan diberikan berupa daging mentah. Untuk sisanya boleh dibagikan bukan miskin (kaya) dan boleh dengan sudah matang.

 Sedangkan Aqiqah, yang utama diberikan dengan wujud masakan, sebab maksud asalnya adalah untuk hidangan. Namun jika diberikan berupa mentah, itu boleh saja. [ I'anatutthalibien Juz II. hlm. 333 ].
- I’aanah at-Thoolibiin II/333 :
ويجب التصدق ولو على فقير واحد بشيء نيئا ولو يسيرا من المتطوع بها
والأفضل التصدق بكله إلا لقما يتبرك بأكلها وأن تكون من الكبد وأن لا يأكل فوق ثلاث والتصدق بجلدها وله إطعام أغنياء لا تمليكهم ويسن أن يذبح الرجل بنفسه
( وقوله نيئا ) أي ليتصرف فيه المسكين بما شاء من بيع وغيره فلا يكفي جعله طعاما ودعاء الفقير إليه لأن حقه في تملكه لا في أكله
- I’aanah at-Thoolibiin II/336 :
والتصدق بمطبوخ يبعثه إلى الفقراء أحب من ندائهم إليها ومن التصدق نيئا ( وقوله ومن التصدق نيئا ) أي وأحب من التصدق بها نيئا

Comments

Popular posts from this blog

DIANJURKAN UNTUK MEMBACAKAN SURAH AL QODAR DI KEPALA BAYI.

Hukum Mengamalkan Wirid Atau Hizib Tanpa Ijazah (Sanad).

Habib Hasan bin Ahmad Baharun